Selasa, 09 Februari 2016

9 Jan 2016


Test. Assalamu'alaikum wr wb.. Ilaa jamii'it thaalibaat.. Qad haana li waqtu shalaati (subh/zuhr/ashr/...) fatafadhdhalna ayyatajihna ilaa masjid ad dluha al'an.. Syukran. Wasalamu'alaikum wr wb..

Salah satu hal yg bikin kangen asrama adalah pengumuman itu👆

Pengumuman utk mengingatkan telah masuk waktu sholat. Anak2 rohis udah standby di kantor asrama.. Bahkan 15 menit sebelum azan mereka udah disana. Kemudian begitu terdengar azan, mereka mengumumkannya lewat speaker, Mengingatkan dan menyeru ke kami semua, murid dan jg wali asrama utk menyegerakan ke masjid.. Shalat berjamaah..

Dulu di kelas 12, peraturan rohis ada yg isi peraturannya begini "pengumuman sholat beserta pengumuman waktu keterlambatan  diumumkan 3 kali tiap waktu sholat. 30 menit sebelum azan, 15 menit sebelum azan, sampe 5 menit sebelum azan." Bahkan kadang pas azan ada pengumumannya lagi. Berarti bisa 4 kali ya dalam satu kali waktu sholat.
Bagi kami yg ngedenger wkt keterlambatan tinggal 5 menit terakhir bener2 ketar ketir, harap2 cemas takut terlambat. Biasanya murid dinyatakan telat kalo azan udah berkumandang sedangkan dia blm sempet masuk ke masjid. Tp pernah jg ada kebijakan kalo batas keterlambatan datang ke masjid sampe azan selesai. Tergantung gmn peraturannya.

Kegiatan di asrama lumayan padet. Apalagi di tahun yg sama ada peraturan baru yg murid2 wajib udah di masjid jam 4 utk sholat tahajud berjama'ah dan diadakan Belajar Mandiri di sekolah dari jam 8 sampe jam setengah 10 malem.
Dari abis tahajud lalu disuru menetap di masjid sampe azan subuh. Selesai sholat subuh, doa dan baca al ma'tsurat yg kemudian dilanjutkan dengan Tahfidz pagi. Menghafal qur'an, ziyadah maupun muraja'ah (menambah hafalan baru maupun mengulang hafalan sebelumnya) dan menyetorkannya ke guru tahfidz masing2.
Selesai Tahfidz, siap2, makan, dan berangkat ke sekolah. Abis pulang sekolah di siangnya, sholat dzuhur, makan, dan jam 1 mulai bimbel, terus abis ashar Tahfidz lagi. Tahfidz sore. Abis itu makan, bersih2, persiapan sholat maghrib, abis sholat maghrib terserah mau balik ke asrama/netep di masjid/tilawah/ngapalin qur'an/atau yg blm makan ke dapur. Terus sholat isya. Abis sholat isya, persiapan berangkat ke sekolah buat belajar mandiri. Kalo telat dateng, disuru lari apa ya. Lari keliling lapangan sekolah pas besok paginya.
Abis selesai belajar mandiri, balik ke asrama bersih2 dan tidur. Besoknya ke masjid lg jam 4 dan begitu seterusnya setiap hari tak terkecuali hari minggu (:'()..

Jadwal harian yg lumayan padet ditambah banyaknya peraturan baru : batas keterlambatan datang ke masjid, diwajibkan berbahasa arab dan inggris dr jam sekian sampe jam sekian setiap hari kec. Hari minggu dan tak terkecuali utk anak kls 12. Terus diadakan peraturan pemakaian jilbab yg lebar samping harus nyampe sikut, ditetapkan jg peraturan yg mewajibkan setiap anak di SMA harus menambah hafalan qur'annya mencapai minimal (???) 5 juz selama di SMA. Aku dan teman2 yg saat itu duduk di kls 12 ketar-ketir, muak, capek, kesel, marah,  sampe akhirnya pada protes ke pihak sekolah. Mungkin karena stress TO, lelah bimbel, ditambah jadwal yg padet dan banyaknya peraturan belum lagi tuntutan hafalan. Yg aku khawatirin itu yg hafalan 5 juz. Selama di SMA aku ga dapet segitu. Masih kurang 2 juz lagi. Banyak jg  temen2 yg bernasib sama. Dan untuk Ujian Akhir Tahfidz, Juz yg diujikan adalah 3 juz terakhir yg dihafal dan diberikan waktu 1 minggu untuk disetorkan ke penguji di pekan ujian akhir tahfidz kls 12. Aku yg msh kurang hafalan minimalnya minta keringanan utk ngga nambah hafalan baru lagi. Karena apa? Karena, hafalan yang udah pernah dihafal aja blm semuanya dimurajaah, belum hafal bener2 hafal dan bener2 blm kepegang semua. Sedangkan kalo nambah hafalan baru berarti kewajiban murajaah makin banyak.
Aku bilang ke guru tahfidzku, "teh, kalo boleh milih ya, aku lebih baik punya hafalan setengah dr yg kupunya skrg tapi mutqin, dan ketika sholat dipake drpd punya hafalan banyak berjuz-juz tapi banyak yg lupanya dan pas sholat surat yg dipake TRIKUL (annas,alikhlas,alfalaq) lagi ujung2nya.
Dan Sukur Alhamdulillah dibolehin.
Kalo temen2 kebanyakan protes masalah jilbab. Mereka pada ga setuju. Karena jilbab yg Selama ini dipakai udah panjang, menutupi dada, ngga nerawang dan kita pun juga udah ikutin aturan dari BEM Kedisiplinan mengenai kriteria jilbab yg syar'i. Tp ternyata sekolah maunya kalo panjang jilbab samping itu sesikut yg bikin jilbab yg dipake makin panjang dan lebar. Banyak banget yg protes tentang ini. Ternyata bukan angkatan aku aja. Angkatan ade kls jg sama tapi mereka gaungnya kurang keliatan.  Pak guru ngejelasin kenapa aturan jilbab direvisi lagi. Tp tetep aja pd protes, yg anehnya di angkatan aku, sebegimana kita protes, akhirnya dan ujung2nya pada nurut jg sm aturannya walaupun banyak ngedumel. " ish ribet bgt si", "ih udah kaya superman", "mirip layang2 jalan ini mah", "wihh ada ninja dari mana tuh?"..
Tp walaupun bnyk yg protes, aku diem aja. Aku sedikit setuju karena apa yg dibilang pak guru ada benarnya.

Tapi efek yg dipaksakan itu ga tentu selalu bagus hasilnya. Yang aku liat dan aku rasain sendiri, kok kaya jd munafik ya. Di lingkungan asrama dan sekolah jilbab yg dipake panjang bgt. Tapi liat deh begitu liburan tiba, ketika pada pulang ke rmh masing2, Itu jilbab2 pd  menyusut, memendek. Yah sama kaya aku deh. Jilbabku pun memendek begitu lulus dr sana. Tapi kan iman itu ga ditentukan dari panjang atau pendeknya jilbab.. Ya kan?

Ohiya mengenai jam bahasa juga bnyk menuai protes. Krn tahun sebelumnya, anak kls 12 diberikan kebebasan utk tdk harus kena aturan penggunaan bahasa arab dan inggris. Tp di tahun aku kls 12, kami tetep dikenakan aturan bahasa.
Pada protes karena dirasa kok gitu? karena sekolah nambahin peraturan yg menurut kami  memberatkan buat kami. Gimana ngga? Bhs Arab dan Inggris kami blm sebagus & selancar di pesantren gontor. Sedangkan di jam berlakunya penggunaan bahasa, adalah jam di saat kami Lg pd belajar & kerja kelompok. Kalo ada yg nanya ini nanya itu kan berarti jawabnya harus pake bahasa asing. Dan jadi menyulitkan aku jg karena ya aku kalo mau nanya tentang materi yg aku ga ngerti, ya mau ga mau pake bahasa asing jg. Pdhl bahasa arab dan inggris aku msh ecek2, kurang tau banyak kosakata, dan grammarku acak adul bgt.. Makanya ga sedikit anak kls 12 yg ngelanggar dan kami saling diam melindungi satu sama lain jangan sampe ketahuan sama anak BEM divisi bahasa atau divisi iptek gitu, lupa.
Dan begitu jam wajib bahasa mau dimulai, kan ada pengumumannya lewat microphone asrama. Yang ngumumin anak BEM divisi Bahasa atau Iptek itu.
Begitu ada pengumuman, Dan pengumumannya berulang2, kami yg sedang gampang emosi dan cepet sensi karena akhir2 ini ada bnyk perubahan2 aturan yg signifikan bgt, dan rasanya tertekan dg itu semua, pada teriakin mereka dr gedung asrama kami "Wooyy berisik woy!!!!!", "Bawel lo!", "Bodo amat!! Emangnya gue pikirin!", "Sana! Lo aja sono yg pake bahasa", "Woooy bisa diem ga??" "Heh! Diem lo berisik!", "Dasar bawel!!"
(asrama kls 12 jaraknya deket sama asrama kls 11 yg di asrama kls 11 ada kantor asramanya).
begitulah kira2 umpatan kekesalan yg saling bersahut2an dari satu temanku ke temanku yg lain yg ditujukan utk siapapun yg ngumumin jam bahasa tadi. Akhirnya malah yg kena ade kls (maafin angkatan fervent ya, fasmoise dan jg angkatan kls 10 (:'())..
Karena yg memegang amanah sebagai BEM dari kalangan kls 10&11. Tp yg paling bnyk dr tahun ke tahun ya di kls 11 nya.
Kesal dengan peraturannya, kesal dgn yg memberi aturan, tapi yg kena getahnya adalah justru org2 yg hanya melaksanakan perintah &  amanah..

Tapi kalau utk pengumuman sholat, Ga sebegitunya direspon dg respon yg ngga mengenakan. Kami cenderung diam ketika ada pengumuman wkt sholat. Dan ga neriakin kaya gitu. Paling cuma ngedumel aja. (huh)

Disana banyak yg ingetin. Ayo makan!
Ayo Sholat! Dll..
Ketika disana biasa aja klo ada yg ingetin.
Tp begitu lulus dan masuk kuliah, orang-orang seperti mereka jarang bahkan susah dicari. Jadi barang yang langka rasanya kalo aku nemuin ada temen yg ingetin aku. Aku seneng bgt alhamdulillah aku dipertemukan temen di kampus yg ingetin aku dan ngajak aku sholat disaat aku lagi terlena sm hal lain.

Tapi ya klo mengandalkan teman ga baik jg.
Harus dg kesadaran diri sendiri.
Kalo di asrama datang ke masjid dan sholat tepat waktu adalah suatu keharusan 'banget' karena takut kena hukuman jalan jongkok sm anak rohis (padahal enakan sholat di kamar krn asli mager bgt sbnrnya ke masjid apalagi pas subuh di pagi buta), Kalo skrg dateng ke musholla/masjid jd lebih ikhlas krn emang timbul dr kesadaran sendiri bukan krn paksaan dr luar.
Tapi sebenernya aturan dr Rohis itu bagus biar pd bisa disiplin. Yg mungkin awalnya berat dijalanin. Karena org2 sering sampe lari2an ke masjid saking takut telatnya. Grasak grusuk kaya mau tawuran bagi yg kamarnya di lantai atas. Karena toleransi keterlambatan diberikan waktu sekian menit. Dan lewat dari itu dinyatakan telat dan siap2 ba'da isya nama2 yg telat diumumin di masjid dan abis pd bubaran, langsung dijalankan hukuman jalan jongkok..

Tp kok kesannya kaya jd lebih takut ke rohisnya ya, ke hukuman jalan jongkoknya maksudnya.  Niat dateng tepat waktu ke mesjid 'hanya' karena peraturan rohis? Dan itupun berangkat ke mesjid msh sambil ngedumel. Ngga ikhlas dong..  Hm.. Tp saya jg gitu si.. Awalnya.. Tp saya yakin ga semuanya gitu.
Walaupun dulu pernah telat dan malah sering.   Akhirnya kena hukuman deh disuru jalan jongkok..
Tapi itu jd kenangan.. Haha..
Entah ini masuknya ke kenangan buruk atau kenangan indah.
Apalagi klo yg telat banyak dan yg jalan jongkok jg banyak.. Wiih banyak temennya. Mereka jg telat. Dan ngeliatnya seru aja kena hukuman rame2.. Hehe..
Tapi kalo sendiri aja yg kena, malunya, men.. Hmm.. Diliatin org2 Krn jd pusat perhatian. dan sedihnya saya pernah jg ngalamin.. (:'()


*sepotong cerita di asrama
@SMAIT Assyifa Boarding School


#maapnyepam
#numpangcurcol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar