Selasa, 28 Juni 2016

24 Mei 2016




KULIAH.....

Kalo dikira kuliah ini tuh capek, susah, dan berat,,,    Sebenernya emang iya si.
Tapi kalo dipikir2 lagi, di jaman orang tua dulu,  kuliah itu justru msh lebih berat dan lebih susah perjuangannya.

Misalnya transportasi. Jaman dulu blm ada busway yg bisa tinggal transit tanpa harus bayar lagi dan juga mempersingkat perjalanan. Dan lebih irit ongkos tentunya.

 Dulu, masih harus ngeteng dr satu angkot ke angkot lain. Bisa ganti kendaraan beberapa kali, sekali jalan ke kampus. Ongkosnya jd kian besar karena belum lagi pulang pergi. Mbah yg kerja di PJKA, memang memberikan ongkos. Tetapi kadang ongkosnya msh kurang. Karena kehidupan saat itu emang sangat pas2an. Bapak pun mencoba untuk menyiasatinya,  bapak yg normalnya naik angkutan umum 3 kali dari rmh ke kampus, malah cuma 1 kali aja. Dan sisanya.. Bapak Jalan kaki. Yg jaraknya,, wow! Lumayan jauh menurut aku.
Kalo hujan ya keujanan. Kalo panas ya kepanasan. Kalo ujan, bapak jadi lari2an ke kampus. Baju sering basah karena menerobos hujan dan jg takut terlambat.

Tapi di tahun kedua, alhamdulillah bapak ga jalan kaki lagi. Ia berhasil beli sepeda. Ia pun naik sepeda dr rmh ke kampus begitu jg sebaliknya.
"Pak? Seriusan pak? Dari rmh mbah ke unj kan jauh banget..." kaget bgt waktu suatu ketika bapak cerita tentang ketika ia kuliah dulu, di pendidikan olahraga angkatan 85.
Dan ketika jam makan siang, bapak yg ga punya uang, bapak pun pulang ke rmh cuma utk makan (*pak, pasti gempor bgt) dan bapak jg ga bawa bekal ke kampus.

Bapak jg sempet cerita besaran uang kuliahnya ketika itu. Bapak dikenakan biaya sebesar 30rb / semester. Sedangkan ketika itu di UI besaran uang kuliahnya udah mencapai 200/300 rb persemester. Perbandingan yg jauh banget menurut aku.
Bapak kuliah di unj pun bukannya tanpa alasan. Yaitu karena salah satunya : keterbatasan biaya juga. Mbah Hani hanya seorang pegawai yg bekerja di PJKA. Yg bertugas benerin mesin kereta. Bapak sekeluarga tinggal di kompleks PJKA, manggarai - bukit duri. Padahal bapak pun sebenernya punya keinginan kuliah di ui. Tapi berhubung mahal bgt sedangkan mbah ngga punya biaya, bapak lebih pilih unj. Karena kasian mbah hani. Dan awalnya bapak masuk unj jg bukan karena bercita2 pengen jd guru awalnya.

Dari 5 orang saudara kandungnya,  cuma bpk yg kuliah. Kesempatan ini bapak manfaatkan benar. Sekaligus bersyukur karena bisa kuliah. Dan karena begitu, bapak pun tahu diri atas semua keterbatasan yg ada.  karena mbah jg harus ngurusin dan ngebiayain kakak dan adik2 bapak yg msh pd sekolah.

Suatu ketika bpk bilang ini disela ceritanya : "Di unj itu murah, yam..", kata bapak.
(*tapi sekarang?????? Hufftt MAHAL!)

Ya. Itu dulu.
UNJ yg dulu bukan UNJ yg sekarang. :'(

Tapi yg aku salut, di saat yg berat kaya gitu, bapak coba bertahan dan terus usaha. Rasa2nya cobaan berat itu kaya ga ngaruh apa2.. Bapak kayanya semangat terus. Kuat dan tahan banting.

Tapi kenapa beda ya, klo dibandingin jaman skrg.

Aku yg hidup di jaman skrg yg keadaannya bisa dibilang lebih baik dan ga sebegitu sulit di jaman dulu, kok malah kualitas diri sendiri malah semakin turun ya. Lemah, cengeng dan manja.
Ga sekuat dan ga setahan banting dg orang2 jaman dulu.


Padahal jaman sekarang itu udah jauh lebih enak dan mudah. Transportasi, misalnya. Itu udah semakin baik. Jangankan hanya ke kampus, tempat2 lainny pun jg semakin mudah dijangkau tanpa ribet dan kepanasan. Sejuk karena busway dilengkapi AC.

Apa mungkin menurunnya kualitas diri itu disebabkan karena diri ini terlena dengan semua kemajuan dan kemudahan yg ada??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar